Dalam pembuatan aplikasi/game berbasis windows & windows phone, tools yang dibutuhkan adalah salah satunya merupakan Visual Studio. Pastinya banyak yang sudah mengenal Visual Studio jika telah belajar dan berhubungan dengan pemrograman visual, didalamnya digunakan bahasa pemrograman visual seperti bahasa visual basic, C# dan lain-lain.

Dalam pembuatan aplikasi windows/windows phone kita perlu menggunakan Visual Studio, yang saya gunakan dan akan jelaskan adalah Visual Studio 2013 Professional. Di dalam satu paket instalasi Visual Studio sudah include di dalamnya SDK untuk melakukan developing untuk windows dan juga windows phone.

Untuk menggunakan atau menginstalasi Visual Studio dan juga SDK untuk mendevelop aplikasi windows/windows phone, persyaratan minimum computer/laptop kawan-kawan adalah sebagai berikut:

  • Sistem operasi Windows 8/8.1 64bit
  • Mendukung Virtualization Technology untuk emulator windows phone (SLAT)
  • RAM – Minimum 2GB
  • 1.6Ghz Processor or faster

Pastikan laptop atau komputer sudah sekiranya memenuhi standar minimum, disarankan agar bias lebih nyaman, maka spesifikasi komputer/laptop lebih tinggi lagi, dan juga jika memiliki device windows phone sendiri, maka tidak perlu juga menggunakan emulator windows phone.

 Download Visual Studio dari Microsoft. Atau jika ingin mendapatkan Visual Studio secara gratis bisa mendapatkannya dari program Microsoft yaitu Dreamspark.

 

Membuat Project Baru

Cukup mudah untuk membuat project baru dari Visual Studio, project-project yang bisa dibuat dengan menggunakan Visual Studio diantaranya adalah: Windows Universal Apps(Store Apps, Windows Phone Apps), Windows Form, ASP.NET Website, Apps for Office, Apps for Windows Azure dan project lainnya. Bahasa pemrograman yang digunakan diantaranya adalah: HTML, CSS, ASP, WinJS, C#, Visual Basic, XAML, Visual F, dan bahasa pemrograman lainnya yang tidak akan di bahas di sini.

Untuk membuat project baru, caranya adalah pada Start Page Visual Studio pilih File -> New -> New Project

Create New Project
Create New Project

 

Selanjutnya akan muncul windows baru untuk memilih project apa yang akan kita buat, banyak variasi dan pilihannya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Karena kita akan focus untuk pembuatan aplikasi untuk  windows/windows phone maka kita akan memilih project Store Apps. Store Apps sendiri terdiri dari Universal Apps, Windows Apps, dan Windows Phone Apps. Dan kita bisa menggunakan bahasa pemrograman Visual C#, Visual Basic, dan juga HTML&Javascript.

Sedikit penjelasan Universal Apps merupakan project yang mentarget untuk Windows Apps dan juga Windows Phone Apps. Karena di versi OS terbaru ya 8.1, source code untuk keduanya hamper sama sehingga kita bisa mendevelop langsung untuk keduanya.

Saat ini sebagai percobaan kita pilih untuk windows apps.

Windows Apps Project
Pilih Project Template

Visual Studio sudah menyediakan beberapa template awal untuk kita untuk memulai project, pada Windows Apps ada beberapa template seperti yang terlihat di gambar, Blank App merupakan template yang standar tidak memiliki banyak fitur, dan awalnya tidak memiliki handling untuk page navigation yaitu di folder Common, atau bisa dikatakan NavigationHelper class. Sedangkan pada Hub App, Grid App, dan juga Split App memiliki class tersebut, di 3 template ini juga mereka ada lebih dari 1 page dan bisa membuka link dari group item ke item yang lebih detail. 3 template tersebut baik bagi kawan-kawan yang ingin belajar contoh simple data binding.

Setelah memilih template, kita beri nama project kita, selanjutnya maka kita akan dibawa ke dalam workspace project kita.

Berikut ini tampilan workspace project kita:

Workspace Visual Studio
Workspace Visual Studio

Pada solution explorer terdapat:

  • Nama Project
  • Project Properties
  • References, yaitu service reference yang kita butuhkan dalam developing windows apps, windows phone apps. Secara default kita membutuhkan service Windows 8.1 karena kita akan menggunakan control-control dari Windows 8.1
  • Folder Assets, folder assets menyimpan artwork yang dibutuhkan oleh aplikasi seperti splashscreen, logo, store logo dan lain-lainnya.
  • File XAML, file xaml bisa dikatakan sebagai page view, didalam satu xaml view terdapat class file, yaitu berektensi .cs. Pada page view ini bentuknya lebih ke designer page sedangkan di Class view adalah pengkodean untuk alogritma/ logic yang terjadi pada page
  • File App.xaml, file ini cukup penting karena file ini adalah yang mengatur aplikasi kita dan menghubungkan tiap pagenya, disini kita bisa mengontrol ketika aplikasi disuspend, aplikasi baru di launch apa yang harus aplikasi lakukan, dan lain-lainnya.
  • File package manifest, file ini juga bersifat penting karena ini untuk packaging jika kita akan mengupload ke store, seperti nama, deskripsi, pengaturan gambar-gambar splashscreen, pembuat, dan versi ada di package manifest.

Untuk mendesain aplikasi windows store di Visual Studio kita juga bisa dengan mudah drag-drop dari toolbox serta pengaturan di properties, atau kita bisa dengan mengetik code-nya sendiri.

Designing Windows Store App
Designing Windows Store App

Dan untuk menjalankan aplikasinya kita bisa memilih tulisan Local Machine, namun untuk Windows Phone kalian bisa memilih emulator dengan berbagai resolusi layar atau dengan menggunakan device kalian sendiri.

 

Kali ini hanya sedikit hal tersebut yang dikenalkan untuk kawan-kawan, beberapa hal tersebut yang cukup penting untuk pengembangan windows store apps atau windows phone apps nantinya. Jika kalian ingin mengetahui informasi lainnya mengenai visual studio kalian bisa akses ke http://msdn.microsoft.com/en-us/library/ms165079.aspx atau di http://www.visualstudio.com/en-us/get-started/overview-of-get-started-tasks-vs.aspx, kalian juga bisa mempelajari tutorial Visual Studio di Microsoft Virtual Academy.

Terima Kasih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s